Bahan Alami yang Ampuh Sebagai Obat Sakit Gigi Anak

Sakit gigi merupakan penyakit yang menyiksa, terlebih jika terjadi pada anak. Hal ini tentu akan membuat anak menjadi rewel dan tidak mau makan. Namun, pemberian obat pada anak tidak boleh sembarangan. Oleh sebab itu, sebaiknya cobalah gunakan bahan-bahan berikut ini sebagai obat sakit gigi anak, sebelum memberikan obat medis.

Garam

Garam merupakan bahan yang cukup ampuh untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang atau gingivitis (radang gusi), baik pada anak maupun orang dewasa. Kandungan anti inflamasi dan antibakteri yang terkandung di dalam garam, baik digunakan untuk perawatan gigi berlubang.

Cara penggunaannya cukup mudah, larutkan ½ sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian, gunakanlah air tersebut untuk berkumur. Berkumur dengan air garam dapat membantu membunuh bakteri yang terdapat pada gigi dan membersihkan sisa-sisa makanan. Setelah itu, Anda bisa menyikat gigi untuk memaksimalkan proses pembersihan.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan antiseptik alami yang dapat sangat berguna untuk mengatasi masalah gigi. Bawang putih memiliki kemampuan melepaskan allicin serta menghasilkan minyak alami yang dapat membunuh bakteri. Anda bisa mengunyah bawang putih atau dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang sakit.

Bawang Merah

Sama seperti saudaranya bawang putih, bawang merah juga dapat digunakan sebagai Obat Sakit Gigi Anak. Bawang merah memiliki kandungan anti-mikroba dan antiseptik yang dapat membantu meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Cara penggunaannya pun sama dengan bawang putih, cukup ditempelkan beberapa saat pada area yang sakit.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sudah digunakan selama berabad-abad sebagai obat sakit gigi tradisional. Kandungan eugenol pada minyak cengkeh memiliki fungsi sebagai analgesik topikal atau anastesi alami. Oleh sebab itulah minyak cengkeh sangat ampuh digunakan untuk meredakan nyeri pada gigi.

Cara menggunakannya, Anda hanya perlu meneteskan minyak cengkeh ke gulungan kapas dan kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan efeknya, jika perlu Anda bisa mengulang proses ini beberapa kali.

Es Batu

Selain minyak cengkeh, Anda juga menggunakan es batu sebagai pereda nyeri. Suhu yang dingin akan membuat saraf gigi menjadi kebas, akibatnya rasa sakit pun akan hilang. Anda melakukan pengompresan dekat bagian gigi yang sakit menggunakan es batu. Cara ini memang tidak menghilangkan penyebab sakit gigi, namun cukup ampuh meredakan nyeri untuk sementara.

Daun Jambu Biji

Selama ini daun jambu biji terkenal sebagai obat diare, tapi ternyata daun jambu biji juga ampuh mengatasi sakit gigi. Daun jambu biji memiliki kandungan analgesik, antiinflamasi dan antibakteri yang dapat mengatasi sakit gigi. Cara penggunaannya, tumbuk daun jambu biji secukupnya dan rebus hingga mendidih, setelah dingin gunakan air tersebut untuk berkumur.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai Obat Sakit Gigi Anak yang ampuh dan aman tentunya. Jika sakit sudah reda, sebaiknya periksakan anak ke dokter gigi untuk mengatasi penyebab sakit tersebut. Artikel seputar ibu dan anak lainnya bisa Anda baca di laman parenting.orami.co.id.