Berencana Pergi Melancong? Ini Dia Deretan Bangunan Paling Terkenal di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

Akhir tahun telah tiba, inilah saatnya untuk Anda rileks dan mengeksplor tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Berbicara mengenai tempat travelling baru, mungkin Anda sempat terpikir untuk datang dan mengunjungi wisata alam tapi bagaimana kalau kali ini Anda mengunjungi bangunan yang terkenal di Indonesia?

Berikut kami telah merangkum deretan bangunan terkenal di Indonesia yang tak boleh Anda lewatkan!

Lawang Sewu

Siapa dari Anda yang belum mengenal Lawang Sewu? Bangunan yang dulunya adalah tempat penyiksaan tahanan Indonesia pada saat dijajah negara Jepang kini sering dijadikan tempat syuting program horor dan mistis. Tapi hal ini tak seharusnya membuat Anda takut untuk mengunjungi Lawang Sewu karena keunikannya yang tak akan Anda temui pada bangunan lainnya.

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah di semarang peninggalan era penjajahan Belanda yang terletak di sejarah Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah dan menjadi Bangunan Bersejarah di Indonesia. Dulu digunakan sebagai Kantor Perusahaan Kereta Api Hindia Timur. Dalam Bahasa Jawa, Lawang Sewu berarti seribu pintu.

Memang jumlah pintu di Lawang Sewu yang didirikan pada tahun 1907 ini sangat banyak. Tapi aktualnya tidak mencapai 1000 pintu. Lawang Sewu ini memiliki tiga lantai, berarsitektur khas Belanda, memiliki pintu dan jendela yang cukup banyak. Memasuki lantai utama, tepatnya di dekat tangga sebelum naik lantai dua, ada sebuah lukisan dua wanita Belanda yang sangat indah. Keunikan arsitektur Lawang Sewulah yang membuatnya menjadi tempat wisata eksotik yang sangat diminati berbagai wisatawan darimanapun.

Masjid Istiqlal

Memiliki rencana untuk berjalan-jalan ke Jakarta? Jika jawaban Anda adalah ‘iya’, maka Masjid Istiqlal harus ada dalam daftar tempat yang akan Anda kunjungi.

Bangunan satu ini selain bersejarah juga cukup terkenal karena menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Letaknya berada di jantung ibukota yaitu Jakarta. Sebagai masjid nasional negara Republik Indonesia, tentunya pembangunannya diprakarsai oleh Presiden pada masa itu yaitu Ir. Soekarno yang melibatkan banyak kontraktor bangunan pada proses pendiriannya.

Pembangunan dimulai pada tanggal 24 Agustus 1951 dan didesain oleh arsitek ternama yaitu Frederich Silaban yang merupakan seseorang yang beragama Kristen Protestan. Masjid dengan gaya arsitektur modern sangat cantik dengan lapisan lantai marmer dan ornamen geometrik dari baja antikarat.

Monumen Nasional (Monas)

Selain Masjid Istiqlal, Monumen Nasional menjadi salah satu bangunan terkenal yang paling sering dikunjungi di Jakarta. Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monas sendiri mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Soekarno. Monas mulai dibuka untuk umum tanggal 21 Juli 1975 dan termasuk Bangunan Bersejarah di Dunia.

Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter. Sejarah berdirinya tugu monas tidak terlepas dari perjuangan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia perjuangan kemerdekaan kolonial Hinida Belanda. Monas dimahkotai lidah api yang dilengkapi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuagan yang menyala. Kini, selain menjadi tempat wisata untuk para pengunjung, sekitar Monas telah menjadi tempat piknik yang asik. Di akhir pekan banyak pengunjung yang beraktivitas dari lari hingga menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Benteng Rotterdam

Beranjak dari Jakarta, mari kita pergi ke salah satu provinsi di Sulawesi, yaitu Makassar. Ibukota dari Sulawesi Selatan ini juga menyimpan banyak bangunan unik loh, salah satunya adalah Benteng Rotterdam.

Benteng Rotterdam adalah salah satu daya tarik wisata di Kota Makassar. Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam ini berada tak jauh dari kawasan Pantai Losari, tepatnya berada di Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

Benteng ini merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja Gowa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ Kallonna. Hal yang menaik dari benteng ini adalah bentuk bangunannya yang menyerupai penyu.

Beberapa bangunan di kompleks ini juga dijadikan museum yang menyimpan banyak informasi sejarah kebesaran Kerajaan Gowa-Tallo. Salah satu tempat paling populer di benteng ini adalah satu sel penjara yang pernah digunakan Belanda untuk memenjarakan Pangeran Diponegoro.Di kompleks Benteng Rotterdam, kamu juga bisa berkeliling sambil menikmati arsitektur bangunan yang indah serta mengabadikan foto.

Kraton Kadriyah

Bangunan terkenal di Indonesia lainnya ialah Kraton Kadriyah. Istana atau Kraton Kadriyah merupakan salah satu bangunan yang menjadi bukti berdirinya Kota Pontianak pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie. Lokasinya secara administratif berada di kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Sejarah menyebutkan bahwa pada tahun tersebut telah berdiri 2 bangunan berupa Masjid Jami’ dan Istana Kadriah serta pembukaan hutan  di Persimpangan sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar untuk tempat tinggal.

Kraton Kadriah yang sudah berusia lebih dari 300-an tahun ini memiliki kompleks bangunan yang megah yang berdiri di tepi sungai. Memiliki ukuran sekitar 30 x 50 meter, bangunan istana terdiri atas 3 tingkat dan hal inilah yang menjadikannya sebagai istana terbesar yang dimiliki Kalimantan Barat.

Bangunan seluas itu tentunya membutuhkan outsourcing cleaning service khusus untuk membersihkannya, yang dilakukan oleh tim cleaning service yang sudah terlatih dan perlengkapan cleaning equipment yang modern.

Demikian 5 deretan bangunan paling terkenal di Indonesia. Di antara kelima bangunan di atas, manakah yang ingin Anda kunjungi pertama kali?