Cara Mengobati Radang Gusi Secara Alami

Radang gusi adalah masalah sial yang terjadi karena sejumlah alasan. Ini bisa disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti menyikat terlalu keras, sariawan, atau memakai gigi palsu, pengikut, atau kawat gigi. Bagi wanita, itu mungkin disebabkan oleh perubahan hormon, kehamilan, atau menopause, dan dapat terjadi sekitar waktu menstruasi Anda. Di waktu lain, nyeri gusi mungkin merupakan tanda masalah kesehatan mulut yang lebih serius seperti sariawan, radang gusi, atau periodontitis.

Mengapa cara mengobati radang gusi secara alami terkadang masih digunakan

Di mulut Anda, bakteri terus-menerus membentuk zat lengket yang disebut plak pada gigi Anda. Menyikat dan flossing dapat membantu Anda menghilangkan plak, tetapi zat ini juga dapat mengeras dan, pada gilirannya, membentuk zat lain yang disebut karang gigi. Dalam banyak kasus, penumpukan plak dan karang gigi dapat menyebabkan perkembangan gingivitis, suatu kondisi yang ditandai oleh peradangan pada gusi. Ketika tidak diobati, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis (artinya “radang di sekitar gigi”). Tidak hanya diketahui menyebabkan kehilangan gigi, periodontitis telah dikaitkan dengan penyakit jantung dalam sejumlah penelitian.

Ada 6 cara yang bisa digunakan untuk cara mengobati radang gusi secara alami

  1. Berkumur air asin

Hangatkan 1 gelas air di atas kompor (jangan sampai mendidih – cukup hangat) dan tuangkan ke gelas dingin. Tambahkan 1 sdt garam ke air hangat dan aduk rata. Kibaskan dan kumur-kumur di mulut Anda, semburkan air ke wastafel setelah selesai (jangan menelan). Garam akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut Anda, dan membantu mengurangi bakteri pada gusi Anda yang mungkin menyebabkan pembengkakan. Bilas dengan air garam hangat setidaknya dua kali sehari sampai bengkak mereda.

  1. Kompres

Cobalah kompres menggunakan air panas atau air dingin untuk membantu mengurangi rasa sakit.

  • Untuk kompres menggunakan air panas: panaskan air ke suhu yang dapat ditoleransi (tidak mendidih). Rendam kain bersih dalam air panas, lalu peras air yang berlebih dan tekan dengan lembut kain yang hangat dan lembab ke wajah Anda di dekat area di mana rasa sakit gusi Anda terjadi (tidak langsung ke gusi Anda).
  • Untuk kompres menggunakan air dingin: bungkus es dengan kain bersih dan oleskan dengan cara yang sama seperti di atas. Gunakan salah satu metode sampai rasa sakit mereda, atau bergantian antara panas dan dingin sampai pembengkakan dan peradangan mereda.
  1. Tapal herbal

Herbal tertentu dan rempah-rempah tertentu juga juga dapat digunakan untuk cara mengobati radang gusi dan nyeri pada gusi. Cengkeh bubuk dan Spilanthes adalah herbal analgesik atau pereda nyeri. Mereka telah digunakan sebagai alternatif, penghilang rasa sakit oral tradisional untuk waktu yang lama. Ramuan bubuk anti-inflamasi seperti kunyit juga dapat membantu.

Untuk menggunakan perawatan ini:

  • campur ramuan bubuk pilihan dengan sedikit air hangat sampai Anda memiliki konsistensi pasta.
  • oleskan langsung ke gusi Anda sampai rasa sakit mereda
  • bilas mulut Anda dengan air

Oleskan sesering yang diperlukan.

  1. Semprotan gigi buatan sendiri

Encerkan minyak esensial ke dalam semprotan. Untuk perawatan ini:

  • gunakan botol semprotan kecil yang bersih (yang belum pernah memiliki produk lain di dalamnya) dan tambahkan air
  • tambahkan sekitar lima tetes minyak esensial pilihan per ons air
  • oleskan semprotan ringan ke gusi sesuai kebutuhan

Minyak seperti peppermint, oregano, dan cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit alami, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sirkulasi.

  1. Kantong teh

Ambil sekantong teh segar dan rendam dalam air mendidih hingga lima menit, seperti yang Anda lakukan saat membuat teh. Kemudian, ketika kantong teh cukup dingin untuk disentuh, oleskan langsung ke gusi yang menyakitkan selama setidaknya lima menit. Pilih teh yang mengandung tanin astringen, seperti teh hitam, teh hijau, atau bahkan teh kembang sepatu. Atau pilih teh yang mengandung ramuan anti-inflamasi, jahe atau chamomile adalah contoh yang populer. Ramuan anti-inflamasi akan menenangkan, sedangkan tanin akan menyerap apa pun yang mengiritasi gusi.

  1. Gel anestesi oral

Gel oral yang tersedia di pasaran. Ini mengandung senyawa alami dan sintetis yang membantu mati rasa dan mengobati sakit gusi. Beberapa bahkan termasuk senyawa yang mematikan rasa sakit dari tumbuhan seperti cengkeh atau Spilanthes. Merek umum yang dijual bebas termasuk Orajel dan Anbesol.