Diagnosis, penyebab dan cara menurunkan kadar trigliserida dalam darah

Trigliserida adalah jenis lemak yang sering kita jumpai didalam darah dan memiliki peran yang cukup penting untuk tubuh kita. Lemak satu ini sendiri dihasilkan oleh organ hati dan sebagian besarnya berasal dari makanan seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan juga mentega. Biasanya lemak dari makanan yang kita konsumsi akan dipecah dan diubah menjadi energi. Perlu anda ketahui bahwa setiap lemak yang tidak digunakan didalam tubuh akan menjadi lemak satu ini dan disimpan di sel lemak. Ketika dibutuhkan kembali maka lemak ini akan dilepas dan digunakan sebagai energi. Akan tetapi, jika lemak satu ini melebihi asupan tubuh yang dibutuhkan maka akan terjadi peningkatan kadar dalam darah. Apabila hal ini dibiarkan maka akan membahayakan karena bisa berisiko terkena stroke dan juga serangan jantung.

Penyebab dan diagnosis tingginya kadar Trigelserida dalam tubuh

Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya jika kadar trigelsierida didalam tubuh semakin tinggi makan akan terjadi penyakit yang tidak diinginkan.  Tingginya lemak ini sendiri dipicu oleh faktor makanan, lingkungan dan juga kurangnya berolahraga. Akan tetapi beberapa faktor lain juga memicu lemak ini semakin tinggi. Beberapa faktor diantaranya adalah penderita penyakit tertentu seperti diabetes, penyakit ginjal, penyakit liver dan juga kelainan genetik pada seseorang. Selain itu, konsumsi obat-obat tertentu juga bisa menjadi faktor seseorang terkena kadar tinggi pada lemak satu ini. Jika anda jarang berolahraga juga bisa membuat kadarnya semakin tinggi karena banyak lemak yang tidak dipergunakan.

Untuk mendiagonsis apakah kadar anda tinggi atau tidak maka anda bisa mengeceknya. Pengecekan ini sendiri mirip dengan pengecekan yang dilakukan untuk kolesterol. Akan tetapi jika anda ingin mendapatkan hasil tes yang akurat maka dianjurkan untuk anda melakukan puasa setidaknya 8 – 12 jam sebelum pengambilan darah. Selain itu, diagnosis trigelserida ini sendiri bisa dilakukan dalam satuan mililiter per desiliter dan kemudian dinilai berdasarkan kategori normal, batas tinggi, tinggi dan sangat tinggi. Kadar trigelserida tinggi dan sangat tinggi ini bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung. Sedangkan seseorang orang yang memiliki kadar lemak satu ini yang mendekati angka 1000 mg/ dl maka akan menyebabkan peradangan pangkreas atau disebut juga pankreatitis.  Oleh karena itu, penting untuk kita memperhatikan makanan ataupun minuman yang kita konsumsi serta kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan.

Cara menurunkan kadar trigelserida yang tinggi dalam tubuh

Bagi anda yang ingin menurunkan kadara Trigliserida adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang tidak banyak mengandung gula. Anda wajib membatasi makanan yang mengandung gula dan juga makanan yang berbahan tepung. Selain itu, berolahraga secara teratur yaitu dengan melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya juga bisa menurunkan kadar lemak ini dan juga meningkatkan kolesterol baik sehingga badan akan tetap bugar.