Hal yang Harus Dilakukan dalam Masa Pemulihan setelah Keracunan Makanan

Makanan yang terkontaminasi kuman menjadi penyebab utama keracunan makanan. Oleh sebab itu, kebiasaan sehat dan cermat memilih serta mengolah makanan harus diutamakan. Saat memasuki masa pemulihan, terdapat beberapa hal yang wajib dilakukan, apa saja? Berikut penjelasannya.

Hal yang Harus Dilakukan setelah Keracunan Makanan

  1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Pasca keracunan makanan, usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi. Maka dari itu, perbanyak minum air putih atau pun minuman lain yang berkhasiat mengembalikan tenaga tubuh dan menetralisir racun. Beberapa minuman yang dianjurkan seperti air lemon hangat, dan air kelapa tanpa campuran pemanis. Dengan begitu, penyembuhan pasca keracunan dapat terbantu.

  1. Mengonsumsi makanan yang lembut dan mudah dicerna

Efek setelah keracunan makanan masih dapat dirasakan pada saat pemulihan. Mengingat kondisi perut dan organ pencernaan masih belum membaik, maka konsumsilah makanan yang ringan sekaligus mudah dicerna. Pilihan makanan yang dianjurkan seperti sup ayam, sayuran rebus atau sayuran berkuah tanpa tambahan bumbu, bubur, buah-buahan. Pastikan juga bahwa pengolahan makanan tersebut terjaga kebersihannya.

  1. Mengonsumsi probiotik

Keracunan makanan dapat memberikan efek buruk pada usus. Oleh sebab itu, agar membantu pemulihan dengan cepat, penderita sebaiknya memperbanyak konsumsi probiotik. Bakteri baik tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan usus yang terinfeksi akibat keracunan makanan. Contoh makanan yang memiliki kandungan probiotik yaitu tempe, sup miso, kombucha (hasil fermentasi dari teh hijau/teh hitam), dan kubis.

  1. Memperbanyak istirahat

Pada masa pemulihan, tubuh masih mengalami efek yang ditimbulkan oleh keracunan makanan salah satunya adalah lemas. Oleh sebab itu, disarankan untuk memperbanyak istirahat agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan menjaga kebiasaan sehat dalam keseharian dengan cara yang paling mudah dulu yakni selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Pasca Keracunan Makanan

  1. Makanan pedas

Saat mengalami keracunan makanan, bagian perut dan organ pencernaan terkena infeksi dari kuman yang menyerang. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali mengonsumsi makanan pedas dalam masa penyembuhan. Makanan yang pedas akan memperparah infeksi pada bagian perut sehingga menghambat proses pemulihan. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang bertekstur lembut dan memiliki rasa yang ringan.

  1. Makanan yang berlemak

Selain makanan pedas, penderita juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi lemak. Makanan tersebut malah akan memperburuk kesehatan selepas keracunan makanan. Contoh makanan berlemak yang harus dihindari antara lain segala goreng-gorengan, makanan yang digoreng (ayam goreng, ikan goreng, seafood goreng, atau kentang goreng), segala macam keripik, dan jenis kue yang dipanggang.

  1. Kopi, soda, dan susu

Selepas keracunan makanan, seseorang harus tetap menjaga tubuh agar terhidrasi dengan minum banyak cairan. Namun, tidak semua jenis minuman diperbolehkan untuk dikonsumsi sehingga harus dihindari sementara waktu. Jenis minuman tersebut antara lain susu, minuman soda, kopi, dan teh yang mengandung banyak kafein. Selain itu, produk olahan susu lain juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu.

Keracunan makanan membuat penderita tidak nyaman karena gejala yang ditimbulkan. Maka dari itu, saat sudah memasuki masa pemulihan, kebiasaan sehat dan makanan harus dijaga agar tubuh kembali kuat dan terhindar dari keracunan lagi.