Kandungan Susu Memiliki Manfaat Untuk Kecerdasan Anak

Masa emas untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu saat masih balita atau anak-anak. pada masa ini, anak harus diberikan nutrisi yang lebih agar kebutuhan nutrisi anak terpenuhi, sehingga tidak menghambat tumbuh dan kembangnya. Selain mendapatkan nutrisi dari makanan yang anak konsumsi, anak juga perlu nutrisi pendamping guna membantu proses perkembangan dan pertumbuhan anak. Susu menjadi salah satu nutrisi pendamping yang baik untuk diberikan kepada anak.

Di dalam susu terdapat banyak kandungan yang berupa laktosa, zat besi, protein, kolin, lemak esensial omega 3 dan omega 6, dan masih  banyak lagi. Kandungan tersebut yang akan melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Selain untuk melengkapi nutrisi anak, susu juga baik untuk meningkatkan dan perkembangan kecerdasan otak.

Inilah kandungan yang terdapat dalam susu, yang membantu untuk peningkatan dan perkembangan kecerdasan otak anak.

Laktosa

Laktosa merupakan zat yang terbentuk dari pecahan karbohidrat yang selanjutnya akan dipecah lagi sehingga membentuk galaktolipid. Galaktolipid sendiri merupakan zat yang akan membentuk sel- sel saraf otak dan saraf pusat lainnya. Maka dari itu susu sangat berperan penting untuk tumbuh kembang kecerdasan anak. Galaktosa tersebut juga terkandung dalam ASI. Sehingga susu formula tersebut mempunyai kandungan yang hampir sama dengan ASI.

Protein

Kandungan dalam protein sangat diperlukan untuk perkembangan otak, khususnya asam amino. Proses pembentukan sel otak pada bayi yang masih di dalam kandungan tergantung dengan protein yang bayi tersebut dapatkan. Saat bayi sudah lahir, protein bisa didapatkan dari susu, baik itu susu formula maupun ASI.

Susu formula sendiri memiliki kandungan protein yang hampir setara dengan ASI, sehingga protein yang dibutuhkan anak bisa tercukupi. Maka pemberian susu kepada anak terutama saat masih balita sangat berpengaruh untuk meningkatkan sel otak, sehingga akan mengembangkan kecerdasan otak anak.

Zink dan zat besi

Zink dan zat besi sangat dibutuhkan untuk menjadi penghubung antar sel otak. Dengan terpenuhinya zat tersebut akan meningkatkan daya ingat anak sehingga akan berpengaruh pula bagi IQ anak.

Jika kedua zat tersebut tidak terpenuhi, makan akan mempengaruhi metabolisme anak itu sendiri, sehingga anak akan menjadi lemas, lesu, dan tidak memiliki semangat belajar. Zink dan zat besi dapat ditemukan di susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Asam lemak omega 3 dan omega 6

Asam lemak omega 3 dan 6 memiliki fungsi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Asam lemak omega 3 berperan baik untuk sistem saraf pusat dan otak. Anak yang mendapatkan asupan cukup asam lemak esensial akan memiliki daya tahan tubuh yang baik, bahkan asam lemak tersebut akan berfungsi untuk perbaikan perilaku anak.

Kolin

Kolin merupakan zat yang membantu melayani fungsi membran sel otak. Kolin dapat mencegah pelapukan membran sel dan juga dapat membantu meremajakan sel yang telah lapuk, termasuk sel otak. Sehingga akan mendukung perkembangan sistem otak termasuk sel otak pada janin.

Dari paparan diatas, sudah jelas bahwa susu memiliki kandungan yang baik untuk kecerdasan otak anak. Anda dapat menjadikan susu sebagai nutrisi pendamping dari makanan yang dikonsumsi oleh anak. Bagi bunda yang bingung memilih produk susu formula mana yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak, bunda dapat memberikan susu Morinaga Platinum. Salah satu manfaat yang terkandung dalam susu formula Morinaga adalah membantu mencerdaskan otak anak. Kandungan yang terdapat di dalam susu formula Morinaga mampu menjadi pengganti ASI guna memenuhi kebutuhan nutrisi anak anda.