Macam-Macam Jenis Kartu Grafis VGA

VGA (Video Graphics Array) merupakan komponen pada komputer ataupun laptop yang berftujuan untuk mengolah data grafis untuk menghasilkan output berupa visual yang kemudian ditampilkan pada layar monitor. VGA juga dikenal sebagai graphics card, display card, video adapter, video card, display adapter, graphics adapter atau dalam bahasa indonesia lebih dikenal sebagai kartu grafis.

Jenis-Jenis Kartu VGA

VGA bukan hanya terdiri dari satu jenis melainkan terdapat beberapa jenis VGA yang digunakan dan disesuaikan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Berikut adalah jenis kartu VGA yang diproduksi oleh produsen chipset seperi NVIDIA, Radeon, STB, Trident, dan masih banyak lagi.

  1. VGA ISA

VGA ISA merupakan jenis kartu grafis yang dipasang di slot ekspansi Industry Standart Architecture (ISA) pada bus yang memiliki sistem I/O 16-bit atau I/O 8-bit. VGA ISA pada teknologi bus 16-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dan 8-bit pada tahun 1981. Sayangnya kartu grafis ini memiliki kombinasi dan kehalusan warna yang ditampilkan sangat terbatas sehingga kurang jernih dan kecepatan transfer data yang cukup lambat sehingga kartu grafis ini tidak digunakan lagi.

  1. VGA EISA

VGA EISA merupakan kartu grafis VGA yang dipasang di slot ekspansi Extended Industry Standart Architecture (EISA) pada bus yang memiliki sistem I/O 32-bit. VGA EISA pada teknologi bus 32-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1988 oleh konsorsium vendor kompatibel dari IBM yang diberi nama “Gangs of Nine”.

VGA EISA memiliki tegangan 5 Volt dan 12 Volt dengan kecepatan transfer 32MB/s dan kecepatan clock 8,33 MHz. Sayangnya kartu ini juga tidak digunakan lagi. Sama dengan VGA ISA, kombinasi dan kehalusan warna yang ditampilkan juga terbatas dan kecepatan transfer data yang lambat.

  1. VGA PCI

VGA PCI merupakan jenis kartu grafis yang dipasang di slot ekspansi Peripheral Component Interconnect (PCI) pada bus yang memiliki sistem I/O 32-bit atau I/O 64-bit. VGA PCI pada teknologi bus 32-bit dan 64-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993. Kartu grafis ini masih digunakan hingga saat ini namun sudah jarang karena memiliki fitur-fitur yang masih terbatas.

  1. VGA AGP

VGA AGP merupakan jenis kartu grafis yang dipasang di slot ekspansi Accelerated Graphics Port (AGP) pada bus yang memiliki sistem I/O 128-bit atau I/O 256-bit. Kartu grafis ini terbagi menjadi beberapa jenis dan memiliki nilai tegangan voltase yang berbeda-beda.

AGP 1x dan AGP 2x yang memiliki nilai tegangan 3,3 Volt, AGP 4x dan AGP 8x yang memiliki nilai tegangan 1,5 Volt, dan AGP Universal. Jenis terakhir dari VGA AGP yaitu AGP Pro. Kartu VGA ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan transfer data secara signifikan dari CPU ke layar monitor.

  1. VGA PCIe

VGA PCIe merupakan jenis kartu grafis yang dipasang di slot ekspansi Peripheral Component Interconnect Express (PCIe) pada yang bisa digunakan pada macam rangkaian seri I/O. VGA PCIe merupakan perkembangan dari VGA PCI. VGA PCIe pada teknologi bus rangkaian seri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004.

Kartu grafis ini paling sering digunakan saat ini karena memiliki kemampuan yang baik yang bertujuan untuk memasang peralatan antarmuka menggunakan teknologi paling baru yang hanya bisa dilakukan jika memiliki kecepatan transfer yang sangat tinggi. Kecepatan transfer data yang dihasilkan oleh kartu VGA PCIe dapat mencapai 32GB/s. VGA PCIe terbagi menjadi beberapa seri yaitu PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x.