Tips Safety Riding Agar Tetap Aman Dijalan

Mengendarai motor bisa dibilang cukup mudah jika dibandingkan dengan mengendarai mobil ataupun kendaraan besar lainnya. Hal itu disebabkan karena berkendara motor lebih praktis dan tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus untuk mengendarainya. Walaupun begitu, selalu menyiapkan safety riding adalah pilihan terbaik agar dalam situasi apapun anda bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan ataupun meminimalisir cidera saat ada kejadian yang tak diinginkan. Bukan berarti ketika kita mencoba berkendara dengan baik kejadian yang tak inginkan tidak terjadi karena kecelakaan juga bisa terjadi disebabkan karena kecerobohan pengendara lain saat berkendara.

4 tips safety riding yang wajib diperhatikan pengendara

Ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan saat berkendara agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda aplikasikan saat berkendara.

  1. Gunakan perlengkapan berkendara

Perlengkapan berkendara memang sangat penting dan menjadi salah satu safety riding terbaik yang wajib diperhatikan. Perlengkapan riding ini sendiri bukan sekedar memakai baju dan celana saja akan tetapi gunakanlah jaket, celana panjang, sepatu, sarung tangan, masker, dan jika perlu menggunakan body protektor pada bagian sikut tangan dan lutut untuk menghindari cidera. Dengan kelengkapan tersebut, tentu saja anda bisa meminimalisir cidera serius ketika sedang berkendara.

  1. Gunakan pikiran dan jaga kepala

Tips selanjutnya yang wajib diperhatikan adalah menggunakan pikiran dan juga menjaga kepala. Maksud dari menggunakan pikiran adalah memperhitungkan ketika ingin menyalip, belok, ataupun melakukan hal lain. Anda wajib mematuhi aturan rambu-rambu lalu lintas seperti tidak menerobos lampu merah, melawan arah, dan larangan-larang lainnya. Mengaplikasikan safety riding artinya anda juga wajib mematuhi segala aturan lalu lintas. Agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, anda juga wajib melindungi kepala anda dengan helm. Helm ini merupakan sarana paling penting untuk melindungi kepala anda ketika terjadi benturan. Oleh karena itu, menggunakan helm sebelum berkendara merupakan tips yang wajib anda perhatikan agar tidak membuat anda cidera serius jika terjatuh.

  1. Jaga diri atau difensif dari pengendara lain

Menjaga diri merupakan salah satu tips yang wajib diperhatikan oleh pengendara agar mereka selalu aman ketika berkendara. Sikap ini sendiri meskipun terlihat sepele namun biasanya cukup sulit untuk dipraktikkan khususnya bagi pengendara yang sedang terburu-buru. Mereka biasanya tidak akan melihat kondisi sekitar sehingga bisa terjadi hal-hal yang tidak terduga. Menjaga diri atau bersikap defensif ini sendiri bukan berarti anda berjalan dengan sangat pelan karena hal itu juga bisa berbahaya jika anda masuk kedalam jalur cepat. Akan tetapi, tips safety riding defensif ini adalah dengan menjaga jarak dengan pengendara lain dan selalu berkonsentrasi agar tidak tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Selalu periksa kendaraan sebelum mulai berkendara

Adapun tips terakhir yang wajib anda perhatikan adalah selalu memeriksa kendaraan sebelum memulai berkendara. Tips ini terlihat remeh namun memiliki pengaruh sangat besar untuk para bikers. Anda mungkin pernah mendengar seseorang kecelakaan karena ban pecah, rem blong, lampu mati, dan lain sebagainya karena para bikers tidak pernah memeriksa kendaraan mereka saat berkendara. Oleh karena itu, memeriksa kendaraan sebelum berkendara sangat penting untuk terhindar dari kecelakaan.

Itulah beberapa tips  dari safety riding yang wajib anda perhatikan agar bisa selamat sampai tujuan saat berkendara menggunakan motor. Meskipun terlihat remeh temeh namun tips-tips tersebut sangat penting untuk melindungi anda sebagai pengendara dijalan ketika berkendara.