Upaya Pemerintah untuk Antisipasi Bencana Saat Musim Hujan di Ciamis

Antisipasi bencana saat musim hujan di Ciamis perlu dilakukan agar kawasan sekitar terhindar dari berbagai bencana yang dapat timbul. Oleh karena itu, diperlukan upaya bersama baik itu dari masyarakat Ciamis dan pemerintahan setempat agar kegiatan antisipasi yang dilakukan dapat berlangsung dengan baik dan efektif.

Bencana yang dimaksud tentunya banjir ataupun longsor karena jenis bencana ini sering terjadi saat musim hujan.

Namun, antisipasi yang dilakukan haruslah intensif dan mampu menangani berbagai kemungkinan bencana, sehingga rakyat dan petugas dapat bertindak cepat menangani masalah tersebut.

4 Upaya Antisipasi Bencana Saat Musim Hujan di Ciamis

Antisipasi bencana saat musim hujan di Ciamis perlu dilakukan untuk mencegah berbagai kerugian yang akan diterima warga sekitar ketika bencana ini terjadi. Bentuk antisipasi ini cukup beragam, namun sangat bermanfaat bagi warga. Beberapa upaya tersebut antara lain:

  1. Pembersihan Sampah di Beberapa Sungai

Bencana banjir yang biasa terjadi di musim hujan tentu disebabkan banyak hal. Salah satu faktor utamanya adalah menumpuknya sampah di sungai sehingga menghambat aliran air. Pemerintah Ciamis telah berupaya untuk membersihkan sampai si beberapa lokasi yaitu Sungai Cikaso, kemudian dilanjutkan ke daerah Rajadesa dan lainnya.

Pembersihan dilakukan secara bertahap karena tenaga yang ada sangat terbatas. Proses yang dilakukan berupa mengambil sampah dari sungai, kemudian diangkut ke TPA. Jika sungai bersih dari sampah maka air akan mengalir dengan lancar sehingga kemungkinan bencana banjir dapat dihindari.

  1. Mempersiapkan Barang Kebutuhan Pokok

Upaya untuk antisipasi bencana saat musim hujan di Ciamis juga dilakukan dalam menyediakan berbagai kebutuhan pokok seperti air bersih, makanan ringan dan lainnya. Karena ketika bencana sudah tidak dapat dihindari maka warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Ketika ini terjadi maka seluruh warga akan membutuhkan berbagai barang pokok untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi diri dan keluarganya.

Bahkan kebutuhan pokok ini telah disediakan dan disalurkan ke berbagai kecamatan di Ciamis sebelum musim hujan. Karena saat musim kemarau sulit sekali memperoleh air bersih, sehingga warga kesulitan untuk masak, minum serta bercocok tanam.

  1. Pengadaan Alat dan Perlengkapan

Dikutip dari harapanrakyat.com bahwa pemerintah setempat juga telah mempersiapkan peralatan seperti perahu karet, pelampung dan berbagai alat lainnya yang berguna ketika bencana terjadi di musim hujan nanti. Karena, jika alat yang dimiliki jumlahnya cukup dan penggunaannya tepat maka akan banyak warga yang dapat diselamatkan dalam waktu yang cepat sehingga jumlah korban luka-luka ataupun meninggal dunia dapat ditekan semaksimal mungkin.

Tentu selain peralatan yang lengkap dari pemerintah, warga setempat juga harus membekali diri dengan memiliki beberapa alat keselamatan seperti kotak P3K yang lengkap, senter serta peralatan keselamatan dasar lainnya. Karena bencana yang terjadi tidak mengenal waktu dan tempat. Oleh karena itu, persiapan yang baik melalui kepemilikan alat yang tepat dapat memudahkan mobilisasi ketika bencana terjadi.

  1. Mengadakan Simulasi

Upaya antisipasi bencana saat musim hujan di Ciamis lainnya adalah dengan mengadakan simulasi bencana. Simulasi ini tentu berisi apa yang harus dan tidak harus dilakukan ketika bencana terjadi nanti. Contohnya saja, ketika banjir datang hal yang harus Anda lakukan adalah mematikan sekring listrik jika tidak sempat lari ke tempat yang lebih tinggi. Setelah itu Anda dan keluarga berusaha untuk berada di tempat yang lebih tinggi dari permukaan air seperti di atas meja atau di atas rumah. Namun, jika sempat maka segera pergi ke bukit dekat dari rumah.

Selain itu, Anda harus meletakkan kotak P3K yang mudah di jangkau agar mudah ditemukan dan dibawa ketika bencana terjadi. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat merawat anggota keluarga yang mungkin cedera ketika proses evakuasi dilakukan.

Tentunya masih banyak lagi upaya antisipasi bencana saat musim hujan di Ciamis yang dilakukan oleh pemerintahan Kabupaten Ciamis. Namun, empat upaya di atas merupakan yang paling dasar dan paling sering dilakukan. Selain upaya di atas, warga Ciamis juga disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungannya dan melakukan penghijauan sebagai bentuk pencegahan yang utama.