Yuk Mengintip Sistem Pendidikan di Jepang, Unik dan Bikin Kagum!

Jepang merupakan negara maju yang terkenal tak hanya karena selalu berinovasi melahirkan tekhnologi canggih, namun juga terkenal akan sistem pendidikannya. Banyak negara dibuat iri dan juga terkagum-kagum dengan sistem pendidikan yang diterapkan oleh negeri sakura ini. Yuk langsung saja kita simak!

Bersih-bersih Sekolah Merupakan Hal Wajib untuk Para Siswa

Tidak seperti di negara kita yang mempekerjakan office boy atau petugas kebersihan, di Jepang urusan bersih-bersih menjadi tanggung jawab bersama para siswa. Mulai dari menyapu, mengepel, tak hanya ruang kelas mereka tapi juga area sekolah lho!

Mereka akan dibagi dalam kelompok dan dapat giliran buat bersih-bersih area sekolah, seperti toilet dan kafetaria. Bukan semata-mata tanpa alasan ya, sistem ini bertujuan untuk melatih tanggung jawab, saling membantu, dan juga team work. Salut deh!

Bukan Belajar Ilmu Pengetahuan yang Jadi Nomor Satu, Tapi Belajar Etika

Sekolah-sekolah di Jepang tak hanya mementingkan ilmu pengetahuan, namun lebih mengedepankan perilaku dan etika. Jadi, anak-anak kecil disana tidak mengikuti ujian sampai dengan usia mereka menginjak 10 tahun, atau saat menginjak kelas empat SD. Tes sih tetap ada, tapi hanya tes-tes kecil saja, bukan seperti tes kenaikan kelas pada umumnya.

Karena mereka yakin tujuan untuk membangun etika dan mengembangkan karakter anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun sangatlah penting. Anak-anak diajarkan untuk menghormati, bersikap sopan, saling menyayangi terhadap orang lain dan juga sesama makhluk hidup. Tak hanya itu, mereka juga diajarkan bagaimana bersikap adil, membantu sesama, dan bagaimana mengendalikan diri.

Demi Melestarikan Budaya, Siswa Diajarkan Pelajaran Budaya Tradisional

Para siswa tidak hanya diajarkan ilmu pengetahuan umum melalui artikel pendidikan, namun mereka juga diajarkan Haiku atau puisi Jepang yang menggunakan ekspresi untuk menyampaikan emosi. Selain itu, mereka juga diajarkan Shodo atau kaligrafi Jepang. Shodo dibuat dengan cara kuas bambu dicelupkan ke dalam tinta dan ditulis di atas kertas.

Tahun Akademik Baru Saat Musim Mekarnya Bunga Sakura

Di Jepang, bulan April adalah bulan dimulainya tahun ajaran baru, dan biasanya hari pertama mereka bersekolah bertepatan dengan musim semi atau saat bunga sakura bermekaran. Wah pasti seru banget ya berangkat sekolah sambil menikmati fenomena indahnya bunga sakura yang bermekaran.

Para Siswa di Jepang Selalu Tertib dan Disiplin

Kita pasti terheran-heran jika tau bahwa ternyata tingkat kehadiran para siswa di Jepang adalah sekitar 99,99%! Iya, mereka memang tidak mengenal kata membolos. Tak hanya itu, mereka juga jarang banget terlambat datang ke sekolah. Wah keren ya!

Menu Makan Siang yang Sehat, Dimasak Oleh Koki Profesional

Enaknya bersekolah di Jepang, anak-anak makan siang dengan menu masakan yang tak hanya enak, namun juga menyehatkan. Di sekolah dasar dan menengah, makan siang dimasak oleh para koki profesional lho, bukan hanya juru masak biasa. Tak hanya itu, ahli kesehatan juga turut andil dalam mengatur gizi yang terkandung dalam menu.

Bahkan para siswa boleh makan bersama di dalam kelas bersama dengan sang guru, hal ini bertujuan untuk membangun hubungan yang erat antara siswa dan guru.

Sudah Tau Belum Jenjang Pendidikan di Jepang?

Hampir sama seperti di Indonesia, Anak-anak usia 3-5 tahun bersekolah di Taman Kanak-Kanak atau Youchien. Setelah itu, mereka mengenyam pendidikan Sekolah Dasar atau Shōgakkō selama 6 tahun. Setelah lulus, mereka melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama atau Chūgakkō selama 3 tahun.

Berlanjut ke Sekolah Menengah Atas atau Koutougakkou selama 3 tahun. Setelah tamat SMA mereka melanjutkan Perguruan Tinggi atau Daigaku selama 4 tahun bahkan lebih.

Nah, itu tadi beberapa sistem pendidikan yang diterapkan di negeri sakura, Jepang. Semoga kedepannya, Indonesia juga bisa menerapkan sistem pendidikan yang dapat dijadikan panutan untuk negara lain ya.